Header Menu




banner



Cara Membuat dan Menggunakan Aplikasi Wallet Bitcoin Electrum

Wallet bitcoin pribadi khususnya electrum merupakan sebuah dompet digital yang dibuat khusus untuk penyimpanan bitcoin saja. Pembuatan wallet langsung kebanyakan berbentuk software entah itu PC atau HP. Wallet bitcoin ini sangat disarankan oleh kebanyakan pengguna alasannya memiliki saluran penuh serta tidak mudah untuk di bobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tidak menyerupai kebanyak wallet yang kita jumpai menyerupai bitcoin.co.id, coins.id, dan sebagainya dalam hal ini Wallet exchanger dimana pengguna tidak memiliki saluran penuh dalam penggunaanya. Maksudnya gini, ketika wallet yang teman gunakan misal wallet X mengalami persoalan alasannya entah itu gangguan server atau di bobol oleh seseorang hingga menimbulkan wallet tersebut tidak mampu digunakan menyerupai mengirim atau hanya sekedar melihat balance.

 khususnya electrum merupakan sebuah dompet digital yang dibuat khusus untuk penyimpanan b Cara Membuat dan Menggunakan Aplikasi Wallet Bitcoin Electrum
Safe your private key

Sobat harus bersabar dan menunggu hingga perbaikan yang dilakukan oleh pihak Wallet X selesai, itu pun kalau tamat dan berhasil dan kalau tidak, maka teman harus bersabar dan merelakan balance yang teman miliki hilang alasannya tidak mampu di akses.

Lain lagi kalau teman memiliki wallet pribadi, walau pun server bermasalah teman masih mampu masuk ke akun untuk mengirimkan balance atau sekedar melihat saja asalkan masih memegang private key atau wallet seed. Untuk hal ini teman mampu mempelajari nya di embah google supaya lebih jelas.

Oke, hingga disini mungkin teman akan sedikit lebih paham, namun bukan itu yang akan saya bahas sekarang melainkan bagaimana cara membuat dan menggunakan wallet langsung di electrum kalau teman memang belum pernah menggunakan wallet langsung sebelumnya.

Oke, ini ia artikelnya. 


Cara Membuat Wallet Bitcoin di Electrum

  1. Terlebih dahulu silahkan teman unduh aplikasi nya disini
  2. Dan silahkan pilih ingin sesuai device yang teman gunakan entah itu PC atau HP. Agar lebih mudah silahkan pilih yang Easy Download
  3. Bila sudah, silahkan teman instal terlebih dahulu aplikasinya
  4. Berikutnya silahkan buka aplikasi nya. Dalam tumpuan saya akan mempraktekkan dengan menggunakan PC, namun untuk android pun langkahnya sama saja.
  5. Untuk awal teman akan mendapatkan pesan berupa Auto Connect dan Select server manualy
  6. Silahkan pilih yang Auto Connect kalau tidak paham settingan ini menyerupai admin hhe.
  7. Lalu klik next
  8. Maka akan dirahkan pada default-wallet. Silahkan teman rubah nama tersebut sesuka kaliah atau dibiarkan juga tidak masalah.
  9. Lalu klik next
  10. Maka teman akan diarahkan pada pilihan lagi menyerupai Standart wallet, wallet with two factor authenticator dan lainnya. Pilihan ini untuk membuat wallet dengan tingkat keamanan yang tinggi.
  11. Agar lebih mudah dan tidak terlalu rumit teman mampu pilih yang Standard wallet.
  12. Lalu next
  13. Maka teman akan di arahkan pada kolom dengan 12 kode acak yang tekah di tentukan.
  14. Silahkan teman copy code seed tersebut dan simpan baik-baik entah itu di catatan harian, kalau perlu Screenshoot juga, yang pasti jangan hingga hilang alasannya kode ini sangat penting.
  15. Bila sudah klik next lagi
  16. Silahkan teman paste code seed yang gres teman copy tadi dan klik next
  17. Selanjutnya hanya tinggal menunggu hingga ada peringatan bahwa wallet bitcoin sudah mampu digunakan. Dalam kasus ini teman akan diberi isyarat untuk menambahkan kode pada wallet yang teman gunakan. Kode tersebut digunakan untuk log in dan melaksanakan penarikan supaya lebih aman.
  18. Selesai
Pembuatan wallet bersama-sama sudah selesai, namun ada 1 langkah lagi yang harus teman lakukan adalah mengambil dan menyimpan private key dari wallet yang teman gunakan. Caranya di bawah ini
  1. Silahkan log ke aplikasi dan klik menu wallet >>> Private key >>> Export
  2. Lalu tunggu hingga muncul sebuah kode yang banyak.
  3. Code tersebut merupakan wallet address dan private key yang teman miliki
  4. Selanjutnya klik export, namun sebelum itu silahkan teman pilih daerah untuk menyimpannya dengan klik file.
  5. Selesai
  6. Wallet address dan private tersebut kalau perlu jangan hingga ada orang tau karena, kalau seseorang mengetahui terutama private key maka balance yang teman miliki mampu saja dicuri.


Cara Menggunakan Wallet Electrum di PC/HP

Setelah masuk ke aplikasi bersama-sama teman sudah paham terutama tidak banyak menu yang di perlihatkan, hanya sebatas menu send dan received.
  1. Histoty : Menu yang digunakan untuk melihat acara mendapatkan dan mengirim bitcoin
  2. Send : Digunakan untuk mengirim bitcoin ke wallet lainnya
  3. Received : Untuk melihat address wallet yang teman miliki
  4. Gambar kunci (Setting) : Digunakan untuk mengatur menu di aplikasi termasuk merubah bahasa aplikasi menjadi bahasa indonesia.
  5. Selesai


Cara Melakukan Pengiriman Balance

  1. Untuk melaksanakan pengriman silahkan gunakan menu Send
  2. Maka akan di perlihatkan beberapa menu seperti
  3. Pay to : Isi dengan address wallet yang akan dikirimi bitcoin
  4. Descripsi : Memberikan keterangan pada pengriman, tumpuan "Untuk Investasi"
  5. Amout : Jumlah bitcoin yang ingin dikirim
  6. Fee : Digunakan untuk merubah fee atau pajak sesuaka hati kepada penambang, semakin besar fee semakin cepat pengiriman yang dilakukan.
  7. Send : Untuk mengeksekusi pengiriman yang dilakukan
  8. Selesai


Cara Masuk Ke Wallet Yang Sama dengan PC/HP Berbeda

Mungkin teman akan bertanya dalam hati bagaimana kalau HP/PC yang saya gunakan nantinya berbeda entah itu alasannya PC sebelumnya rusak dan terkena virus apakah mampu menggunakan wallet sebelumnya yang telah memiliki balance ?

Dalam kasus ini BISA, asalkan private key yang di export dan wallet seed dikala pertama kali membuat wallet itu masih ada. Bila sudah tidak ada atau tidak ingat maka selamat tinggal, hal tersebut sudah tidak mampu dilakukan lagi dan balance yang teman miliki sudah tidak dapat di ambil bagaimana pun caranya.

Jadi, apakah masih disimpan wallet seed atau private key nya ? Bila YA, maka silahkan simak cara masuk ke wallet sebelumnya di bawah ini
  1. Silahkan buka aplikasi electrum nya
  2. Maka teman akan di hadapkan pada pilihan apakah ingin membuat wallet gres atau masuk dengan alamat bitcoin sudah ada dengan wallet seed yang teman miliki
  3. Maka silahkan teman pilih masuk dengan wallet seed
  4. Disini teman akan disuruh memasukkan code wallet seed yang teman miliki, silahkan paste kan. Bila menggunakan HP maka teman harus menuliskan secara manual alasannya tidak mampu di paste kan.
  5. Bila sudah dan benar, maka secara otomatis akan masuk ke wallet address yang lama beserta balance bitcoinnya.
  6. Selesai.
Semoga artikel ini sedikit membantu teman yang ingin membuat wallet bitcoin langsung di aplikasi electrum. Sekali lagi dari saya simpan baik-baik wallet seed dan private key yang teman miliki alasannya tanpa itu maka teman tidak mampu mengakses wallet dan akan kehilangan balance selamanya.

Ingat juga wallet langsung sama halnya menyerupai brankas yang teman miliki dirumah (Bila punya) artinya hanya teman yang tahu tempatnya dimana dan kode nya apa. Kaprikornus jangan hingga orang lain tahu ya kecuali orang-orang yang teman percaya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat dan Menggunakan Aplikasi Wallet Bitcoin Electrum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel