Header Menu




banner



Penggunaan Gpu Pada Penambangan Cryptocurrency


Teknologi yang berkembang pesat telah menciptakan pertambangan kriptocurrency menjadi kenyataan di komputer personal. Selama bertahun-tahun, proses penambangan dan efisiensinya telah meningkat seiring dengan penggunaan perangkat keras yang lebih baik. 
Graphic Processing Units (GPU) telah dipakai dalam proses penambangan selama bertahun-tahun. Artikel ini membahas GPU dan penggunaannya dalam proses penambangan kriptocurrency.

Apa itu GPU Versus CPU?

Setiap komputer standar dilengkapi dengan Central Processing Unit (CPU), yang merupakan perangkat pengolahan yang bertindak sebagai master keseluruhan sistem komputer. Ia melaksanakan fungsi pengendalian untuk keseluruhan komputer menurut logika sistem operasi dan perangkat lunak yang diinstal pada komputer. Fungsi tipikal - menyerupai menyimpan file ini sebagai MS Word, mencetak spreadsheet ini, atau menjalankan video itu di VLC Media Player - dikendalikan oleh CPU.
GPU yakni perangkat pengolah lainnya, namun khusus untuk menangani fungsi tampilan. Ini yakni bab dari komputer yang bertanggung jawab atas sistem rendering videonya.
Fungsi khas GPU yakni melaksanakan dan mengendalikan rendering efek visual dan grafis 3D sehingga CPU tidak perlu terlibat dalam rincian singkat layanan rendering video. Ini menangani kiprah grafis yang intensif menyerupai pengeditan video, display game, dan decoding dan rendering video dan animasi 3D.
Untuk menarik analogi, master (CPU) yang mengelola keseluruhan organisasi (sistem komputer) mempunyai karyawan yang berdedikasi (GPU) untuk mengurus departemen khusus (fungsi rendering video).
Pengaturan ini memungkinkan CPU untuk melaksanakan kiprah terdiversifikasi tingkat tinggi untuk mengelola keseluruhan komputer, sedangkan GPU bertanggung jawab atas fungsi video yang merupakan spesialis. CPU akan menjalankan fungsinya untuk membuka file video di Windows Media Player, namun begitu file dibuka, GPU akan mengambil alih kiprah untuk menampilkannya dengan benar.

Bagaimana GPU Membantu Pertambangan Cryptocurrency?

Penambangan kriptocurrency awalnya dilakukan dengan memakai CPU. Namun, kecepatan pemrosesannya yang terbatas dan konsumsi daya yang tinggi menjadikan output terbatas, menciptakan proses penambangan berbasis CPU tidak efisien.
Masuki pertambangan berbasis GPU, yang menunjukkan banyak manfaat dibanding penggunaan CPU. GPU standar, menyerupai Radeon HD 5970, mencatat kecepatan pemrosesan 3200 aba-aba 32-bit per jam, yang 800 kali lebih banyak dari kecepatan CPU yang hanya menjalankan 4 aba-aba 32-bit per jam.
Alasan utama di balik efisiensi ini yakni bahwa pemrosesan video GPU dirancang untuk melaksanakan yang lebih baik dalam melaksanakan pekerjaan serupa dan berulang, daripada melaksanakan fungsi multi-tasking terdiversifikasi menyerupai CPU. Misalnya, menciptakan film 3D mengharuskan GPU untuk terus memproses informasi homogen ke layar berulang kali, meski dengan sedikit perubahan.
Ini yakni milik GPU yang menciptakan mereka cocok dan lebih baik untuk penambangan kriptocurrency, alasannya yakni proses penambangan memerlukan efisiensi yang lebih tinggi dalam melaksanakan perhitungan berulang yang serupa. Perangkat pertambangan terus-menerus mencoba untuk memecahkan kode hash yang berbeda berulang kali dengan hanya satu digit perubahan dalam setiap perjuangan dalam data yang mendapat hashed. GPU lebih cocok untuk pemrosesan khusus semacam itu.
GPU juga dilengkapi dengan sejumlah besar Arithmetic Logic Units (ALU), yang bertanggung jawab untuk melaksanakan perhitungan matematis. Atas dasar ALU ini, GPU bisa melaksanakan perhitungan lebih banyak, yang menghasilkan peningkatan output untuk proses penambangan kripto.

( investopedia )

Belum ada Komentar untuk "Penggunaan Gpu Pada Penambangan Cryptocurrency"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel