Header Menu




banner



Kenali Apa Itu Pump Dan Dump Dalam Trading Bitcoin Untuk Pemula



Hi bro, sehabis sebelumnya admin membahas perihal istilah - istilah dasar dalam trading bitcoin menyerupai Profit, Nyangkut dan Cut Loss, kali ini admin akan sedikit membahas perihal Istilah Pump dan Dump dalam dunia trading bitcoin. Kedua istilah ini memang tidak terlalu sering dipakai di market bitcoin.co.id, jikalau di market indonesia ketika ini lebih suka dengan istilah "too the moon (Pump)" dan Sooorrrr / longsor (Dump). 😀

Image : memegenerator.net

Dikutip dari blog.bitcoin.co.id, Pump and Dump yaitu tindakan yang kerap dilakukan oleh trader dengan modal besar untuk menghipnotis harga Bitcoin. Tindakan ini biasanya dilakukan bukan alasannya yaitu ada insiden atau dasar tertentu, sehingga terkadang menyesatkan atau dibesar-besarkan. Para trader yang melaksanakan ini membeli Bitcoin dalam volume yang sangat besar, mengakibatkan trader lain panik dan juga turut membeli Bitcoin sehingga harga semakin tinggi. Di ketika harga memuncak, trader yang melaksanakan Pump and Dump akan menjual semua Bitcoinnya, menimbulkan harga anjlok dan merugikan trader lain yang belum sempat menjual BTC-nya. Trading dapat dilakukan di bitcoin.co.id (INDODAX), bagi yang belum daftar silakan daftar dahulu, silahkan baca artikel di bawah ini.

Artikel terkait : Cara Mendaftar, verifikasi dan membeli bitcoin di Indodax

PUMP


Jika kita artikan dari bahasa Inggris, Pump artinya "pompa", entah yang dipompa itu harga bitcoin biar naik, atau yang dipompa itu kepanikan tradernya. hehe. Pump yaitu kondisi dimana para trader dengan modal yang sangat besar (biasa di sebut cukong) melaksanakan pembelian bitcoin dengan harga yang fantastis dan besar lengan berkuasa terhadap volume dan harga bitcoin, sehingga menjadi naik. Sebenarnya yang dilakukan cukong ini tidak menciptakan harga naik secara signifikan, tapi hampir dipastikan hal ini menciptakan para trader lain ikut ikutan membeli alasannya yaitu yakin dengan aktifitas yang dilakukan cukong tadi akan menciptakan bitcoin semakin naik, padahal yang menciptakan harga terus naik yaitu aktifitas kepanikan trader yang terus melaksanakan Buy bitcoin.

Lalu mengapa para trader dapat panik berlomba lomba membeli bitcoin atau coin yang di pump oleh cukong?, jawabanya alasannya yaitu ada "Kompor", dapat di katakan ada kompor / provokator yang menciptakan trader lain ikut ikutan membeli alasannya yaitu mereka yakin harga coin tersebut akan naik dan dapat menciptakan trader profit, dan tentu saja harga coin tersebut benar benar naik alasannya yaitu banyak yang melaksanakan Buy.
DUMP
Dump atau membuang yaitu acara kebalikan dari pump, cukong akan menjual secara besar besaran bitcoin / aset digital yang mereka miliki, sehingga mengakibatkan harga turun dan terjadi kepanikan, para trader berlomba lomba untuk menjual bitcoin yang mereka miliki alasannya yaitu takut harga akan semakin jatuh, tentu saja tugas "kompor" juga berperan sama halnya dengan Pump tadi. dan perlu diketahui jikalau cukong itu lebih dari satu, kalo cukong beramai ramai Sell bitcoin tentu saja kepanikan akan bertambah, harga akan semakin turun.


Lalu apakah kita dapat memanfaatkan kedua moment ini?

Tentu saja bisa, ciri terjadi pump dan dump yaitu terjadi kenaikan atau penurunan signifikan akhir kepanikan, pada ketika terjadi pump siap siap saja jual bitcoin di harga yang tinggi (SELL). Kita boleh melaksanakan aktifitas Buy pada ketika kondisi Pump belum terlalu tinggi, kalo sudah terlalu tinggi kemudian bro membeli bitcoin, yang ditakutkan yaitu pump sudah mencapai titik puncak dan harga kembali turun sehingga kita dapat mengalami kerugian harga nilai aset.


Begitu juga sebaliknya, pada ketika terjadi Dump, kita dapat memanfaatkan moment ini untuk membeli bitcoin (BUY) pada ketika harga rendah, boleh melaksanakan Sell apabila dari perhitungan kita masih mendapat profit, yaitu harga jual masih lebih tinggi dari harga beli. Jika dari perhitungan kita malah rugi, jangan lakukan Sell, tahan saja hingga harga bitcoin akan kembali normal dan naik.


Aktifitas trading mata uang digital memang penuh resiko dan pihak bitcoin.co.id sendiri juga sudah memperingatkan bahwa harga bitcoin benar benar fluktuatif, dapat naik secara signifikan atau malah turun secara signifikan.




Sekian klarifikasi singkat mengenai apa itu Pump dan Dump, Terima kasih sudah berkunjung ke blog yang sangat sederhana ini. Semoga bermanfaat, dan semoga yang sudah berkunjung dan membaca blog ini akan mendapat rezeki yang melimpah. Amin. 😄


Belum ada Komentar untuk "Kenali Apa Itu Pump Dan Dump Dalam Trading Bitcoin Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel