Header Menu




banner



WAKTU TERBAIK MINUM KOPI DAN MANFAATNYA

Sobat Elmu,

Bagi penikmat kopi menyerupai saya, menyerupit secangkit kopi hitam dipagi hari sebelum memulai acara sehari hari yaitu suatu keharusan dan mempunyai kenikmatan tersendiri.

Disore hari disaat tubuh terasa lelah setelah bekerja, menikmati kopi bersama sobat teman atau keluarga mampu membuat kita melupakan kepenatan tersebut.

Namun tahukah sobat ELMU kalau ternyata ada waktu-waktu tertentu dalam menikmati pahitnya biar manfaat kopi lebih terasa dan tubuh mampu lebih sehat?

Waktu terbaik untuk menikmati secangkir kopi yaitu antara jam 10:00 hingga dengan 14:00, pada waktu tersebut tubuh memproduksi serotonin yaitu zat yang dipercaya memberi rasa nyaman dan hening dan menghipnotis mood seseorang.

Jam jam tersebut yaitu waktu dimana load pekerjaan tinggi sehingga membuat kita lebih rentan stress, hal ini membuat serotonin  diserap tubuh dalam jumlah yang besar yang pada hasilnya membuat kita cenderung merasa mengantuk. Cafeein pada kopi mampu membantu serotonin menjadi normal kembali.

Pendapat lain menyebutkan bahwa waktu terbaik minum kopi yaitu antara jam 9:30 hingga dengan 11:30, Sebab ketika masuk ke dalam tubuh, kafein akan bereaksi dengan hormon kortisol yang membantu mengatur jam kerja tubuh dan meningkatkan kewaspadaan dan berafiliasi dengan stress.
Manfaat kopi dan waktu yang sempurna menikmati kopi
nikmat kopi hitam 

Saat pagi hari, hormon kortisol biasanya meningkat secara alami setelah berdiri tidur dan levelnya akan tetap tinggi hingga beberapa jam kemudian. Hormon kortisol paling tinggi antara pukul 8-9 pagi, oleh karena itu tidak perlu lagi mengasup minuman berkafein di waktu tersebut. Sebab minum kopi ketika level kortisol sedang tinggi-tingginya mampu membuat tubuh 'kecanduan'.

Selain antara jam 8 – 9 pagi, kortisol akan mencapai puncaknya beberapa kali lagi dalam sehari, yaitu sekitar jam 12 – 13 siang, dan terakhir pada jam 18 – 19 sore. Kortisol, yang produksinya menjadi tinggi ketika sedang stres, membantu mengubah cadangan energi dalam tubuh menjadi gula (glukosa), sehingga dapat digunakan oleh sel-sel tubuh sebagai materi bakar.

Itulah mengapa ilmuwan menyarankan kalau ingin minum kopi, waktu yang paling tepat yaitu antara jam 9.30 – 11.30, karena kortisol dalam tubuh sedang rendah, sebelum hasilnya memuncak di siang hari. Akan tetapi, para peneliti juga mengingatkan bahwa siklus kortisol bagi setiap orang berbeda-beda. Misalnya saja pada seseorang yang terbiasa berdiri lebih awal setiap harinya, maka waktu yang sempurna baginya minum kopi mampu jadi lebih pagi daripada waktu yang disebutkan di atas.

Buat sobat penikmat kopi yang ingin menikmati sensasi kopi dengan menggiling sendiri kopi anda, kenapa tidak coba Zassenhaus Brasilia Black Alat Penggiling Kopi merupakan manual coffee grinder berbahan paduan natural varnished beech wood dan stainless steel (burr grinder) yang dapat digunakan untuk memudahkan Anda dalam membuat kopi dan espresso. Beli DISINI !

Belum ada Komentar untuk "WAKTU TERBAIK MINUM KOPI DAN MANFAATNYA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel