Header Menu




banner



Investor China: Pemerintah Tidak Mengerti Apapun Ihwal Bitcoin


Hi bro, Sepanjang bulan lalu, para pedagang dan investor di China telah mengkritik tindakan keras pemerintah China yang mendadak terhadap pertukaran Bitcoin / Crypto, serta kegiatan perdagangan lokal sehingga sempat berdampak pada melorotnya harga Bitcoin.
image : money.cnn.com

Dilansir dari cointelegraph.comPada bulan September Bank Pemerintah China, People's Bank of China (PBoC), dan otoritas keuangan lokal memberlakukan larangan perdagangan platform crypto-nasional secara keseluruhan, menutup beberapa platform perdagangan terbesar global termasuk OKCoin, Huobi, dan BTCC.

Motif di balik penutupan bursa di atas belum diklarifikasi, namun beberapa periset untuk PBoC telah menyatakan bahwa bank sentral negara tersebut menganggap Bitcoin dan kripto yang lain sebagai bahaya terhadap sistem moneter China.

Strategi pengawasan

Bulan lalu, dalam sebuah wawancara dengan publikasi informasi keuangan milik pemerintah PBoC, Huang Zhen, seorang peneliti di Central University of Finance and Economics and PBoC, menyatakan:

"Cryptocurrencies dan mata uang virtual lainnya mencoba untuk menantang hak negara berdaulat untuk menerbitkan mata uang, yang mewajibkan nasionalisasi penerbitan mata uang. China mempunyai pemahaman yang terperinci perihal bentuk uang digital, dan secara aktif terlibat dalam pekerjaan yang relevan. Bank sentral telah membentuk kelompok riset dan forum penelitian uang digital untuk mengeksplorasi digitalisasi sovereign money. Setelah pengawasan pasar uang virtual ini, kami berharap di bawah naungan bank sentral China untuk meluncurkan mata uang digital yang berdaulat sesegera mungkin untuk membantu mempertahankan kepemimpinan China dalam pengembangan keuangan digital global. "

Logikanya, pemerintah China berniat untuk terus maju dengan taktik mengeluarkan mata uang digital sendiri yang dikendalikan negara dan menganggap Bitcoin sebagai bahaya terhadap sistem keuangannya, motif di balik pemerintah dalam membatasi kegiatan perdagangan seputar Bitcoin dan crypto sudah cukup jelas.



Namun, akhir-akhir ini, pemerintah China telah menyatakan optimismenya untuk merilis sebuah acara perizinan untuk pertukaran criptocurrency guna mencegah transaksi yang mengalir ke ekonomi pasar gelap.


Pergeseran tiba-tiba dalam perilaku terhadap Bitcoin dan pasar kripto telah mengakibatkan kekhawatiran di kalangan pedagang dan investor di China. Zhang Yanhua, investor Bitcoin utama dan pendiri dana investasi yang fokus pada kripto-esensi, menyatakan:

"Pihak berwenang tidak mengerti apa-apa perihal Bitcoin!"

Sun Minjie, investor lain yang gres saja membeli Bitcoin dalam jumlah besar sebagai belahan penting dari portofolio, menyampaikan kepada AFP bahwa komunitas kripto-kardiak China dan dirinya sendiri tidak berharap banyak dari pemerintah China lagi:

"Saya tidak mengharapkan apapun dari pemerintah, tapi nasib Bitcoin tidak bergantung pada pihak berwenang China."

David Yermack, profesor keuangan di New York University, menyebarkan pendapat serupa kepada kebanyakan investor dan pedagang di China, yang menekankan bahwa pemerintah China menganggap Bitcoin sebagai bahaya terhadap sistem keuangannya hingga batas tertentu. Namun, ketakutan terhadap Bitcoin dan potensinya di sektor keuangan global harus dianggap sebagai indikator positif bagi pertumbuhan jangka panjang. Yermack berkata:

"Mereka tidak melarang Bitcoin, tapi melarang pertukaran dari perdagangan untuk tujuan spekulatif. Ini sangat berkaitan dengan duduk perkara dalam sistem keuangan China, bahwa mereka khawatir ini sebagai bahaya persaingan dalam beberapa hal."

Belum ada Komentar untuk "Investor China: Pemerintah Tidak Mengerti Apapun Ihwal Bitcoin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel