Header Menu




banner



Denggol Bertanya Perihal Bitcoin

Ada pertanyaan ihwal BitCoin dari mas/mbak Denggol disalah satu posting


  • Kalau BitCoin sendiri backed by gold juga nggak? 
  • apakah BitCoin menerbitkan mata uang digitalnya sendiri sebagaimana Liberty Reserve? krn dari yg saya baca, BitCoin menerbitkan 21 juta BTC (cmiiw)
  • mohon dijelaskan proses distribusi BTC hingga penambangan BitCoin. 
Saya akan coba menjawab sebisanya dengan gaya bahasa ala saya ... heuheuhe!


BitCoin tidak backed by Gold, tapi beliau mempunyai konsep yang sama dengan Gold. Seperti yang kita ketahui Gold ialah ...
  • logam mulia yang didapatkan dari hasil penambangan. 
  • memiliki jumlah yang terbatas. Jika cadangan atau deposit Gold yang tersimpan di perut bumi sudah habis, maka tidak akan lagi proses penambangan.
  • Gold mempunyai nilai tukar untuk jual beli
Banyak yang menyampaikan BitCoin ialah versi digital dari Gold yang kita kenal, untuk mendapat BitCoin kita harus menambangnya dari perut 'bumi versi  digital'

Di sini menariknya, 'perut bumi versi digital' yang menyimpan BitCoin ialah sebuah DATABASE terenkripsi berjulukan BLOCK CHAIN - yang merupakan lahan tambang BitCoin, sekaligus buku akuntasi yang menyimpan data seluruh alamat BitCoin Wallet dan seluruh catatan transaksi BitCoin yang terjadi di muka bumi.

Sebagai lahan tambang, di dalam BLOCK CHAIN tersimpan 21.000.000 BitCoin (dua puluh satu juta). Jumlah ini tidak bisa bertambah dan tidak bisa berkurang (konsep jumlah terbatas) sebagaimana dengan cadangan atau deposit Gold di muka bumi. Dan kiprah para BitCoin Miner lah untuk menemukan 21 juta BitCoin tersebut biar bisa beredar dalam transaksi secara umum.

Penampakan Block Chain
Jika anda melaksanakan instalasi BitCoin client (aplikasi BitCoin-Qt) yang merupakan versi 'FULL BitCoin Wallet' maka ditemukan penampakan file Database Block Chain tersebut di dalam komputer yang anda miliki. Tersimpan di dalam folder 

C:\Documents and Settings\username\Application Data\Bitcoin\Blocks


Ukuran database ini semakin besar setiap harinya seiring terjadinya transaksi BitCoin di muka bumi. Ya 10 GB itu masih terus  akan bertambah ukurannya! :D

Verifikasi Transaksi dan BitCoin Mining
Memiliki Block Chain di dalam sistem komputer langsung ialah seolah mempunyai 'buku catatan akutansi bank BitCoin dunia' dan anda akan secara otomatis ikut aktif menjadi 'seorang akuntan' -- yang melaksanakan audit dan verifikasi transaksi BitCoin di muka bumi. WOW!

Begitu anda membuka aplikasi BitCoin-QT, secara otomatis aplikasi ini akan menghubungkan dirinya ke seluruh nodes BitCoin network - terhubung secara peer to peer untuk saling membandingkan (audit) dengan file Block Chain yang tersimpan di komputer komputer lain (Servers, komputer pribadi). 

Tujuan verifikasi massal ini ialah untuk menemukan jikalau ada perjuangan usaha 'curang' untuk memperkaya diri sendiri, semisal ada seorang hacker berhasil menemukan celah keamanan di database Block Chain dan lalu menambahkan sejumlah BitCoin ke dalam 'dompet pribadinya' - proses curang penambahan BitCoin ini hanya terjadi di komputernya saja tapi TIDAK di seluruh (ribuan, jutaan) komputer yang mempunyai database Block Chain - sehingga ketika terjadi proses verifikasi -- akan segera ditemukan kejanggalan tersebut dan jumlah BitCoin fiktif itu akan ditolak dalam jaringan global. Apakah kecurangan semacam ini pernah terjadi? Ya! Satu satunya masalah yang pernah terjadi ialah pada tanggal 15 Agustus 2010, hacker menemukan celah keamanan sehingga bisa membuat saldo palsu sebesar 18 milyar BitCoin, dalam hitungan jam (menit)  'kasus penipuan' ini berhasil ditemukan, data transaksi palsu tersebut lalu dihapus dan update versi terbaru berisi bug fixed dari salinan database BlockChain diluncurkan.

BitCoin Mining

BitCoin Mining mempunyai dua tujuan! Melakukan audit transaksi dan juga untuk menemukan BitCoin yang tersimpan dalam block terenkripsi Database Block Chain. Di dalam sebuah block tersimpan 25 BitCoin yang bisa di-extract

Proses menambang ialah - proses membongkar arahan enkripsi dengan memakai kemampuan computing sebuah system komputer. System komputer yang dipakai untuk proses mining ini sering disebut dengan 'Mining Rigs'

Proses mining ini bukan sebuah proses yang simpel alasannya ialah membutuhkan 'kekuatan computing' yang dimiliki super computer ... ketika sebuah block berhasil dibongkar, maka block selanjutnya akan secara otomatis bertambah tingkat kesulitannya.

BitCoin Mining tidak bisa dilakukan sendirian (solo mining). Mengapa?

Membutuhkan system komputer khusus dengan hardware uptodate untuk melaksanakan memecahkan arahan enkripsi blog. Proses computing ini selain membutuhkan resource system tinggi juga menghabiskan biaya untuk listrik, belum lagi koneksi internet dan lain lain.

Siapa cepat beliau dapat! Bagaimana bisa terjadi? proses mining secara global dilakukan dalam satu block secara bersamaan, ketika BitCoin di dalam block tersebut berhasil ditemukan - seluruh miner (penambang) akan mengulang lagi dari awal untuk block selanjutnya. Bayangkan, anda sudah susah payah membongkar block tersebut ... eh ada orang lain yang alasannya ialah mempunyai 'mining rigs mutakhir' berhasil lebih dulu mengambil BitCoin-nya.

Oh, simpel kalau begitu! Kita harus mempunyai 'Mining Rigs' yang lebih mutakhir dari penambang lain. Nah! Tapi untuk menjadi 'seorang penambang jagoan' di jagad BitCoin tidaklah simpel dan TIDAK MURAH! Agar anda menjadi lebih unggul dari semuanya, anda harus mempunyai perangkat hardware 'super super computer' .. ingat bukan hanya harga hardware tapi juga biaya lain untuk mengoperasikannya (listrik, terusan internet dan lain lain) - seandainya anda berhasil menambang 25 BitCoin dari sebuah block - dengan harga BitCoin ketika ini pun anda masih belum bisa menutup biaya operasional. Serius!

Win Win Solution! Membentuk serikat buruh ... eh, serikat penambang atau yang disebut dengan MINING POOL! Idenya ialah menyatukan kekuatan computing 'mining rigs' yang para penambang dalam sebuah 'system bersama'. Dan lalu mengerjakan proses mining secara bersama-sama - ketika sebuah serikat penambang berhasil membongkar sebuah block maka BitCoin hasil temuan akan dibagikan kepada para anggota yang ikut berpartisipasi dalam proses mining ...

Wow! Kalau begitu bisa sanggup BitCoin dengan cara ikutan Mining Pool .. ga perlu 'Mining Rigs mutakhir' sudah bisa ikutan menambang!

Well ... nanti dulu ... 

Ntar ah disambung lagi ... (asiknya beginian mah dibahas sambil ketemuan minum kopi kali ya)  ... heuheuhe

---- 

Ditulis oleh Palagan.
Copyrights belong to the respected owners

Belum ada Komentar untuk "Denggol Bertanya Perihal Bitcoin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel