Header Menu




banner



Monero


Apakah Monero Itu ?

Monero ( XMR ) ialah sumber terbuka kripto yang dibentuk pada bulan April 2014 yang berfokus pada privasi dan desentralisasi yang berjalan di Windows , macos , Linux , Android , dan FreeBSD . Monero memakai buku besar untuk mencatat transaksi sementara unit gres dibentuk melalui proses yang disebut pertambangan . Monero bertujuan untuk memperbaiki desain kripto yang ada dengan mengaburkan pengirim, akseptor dan jumlah setiap transaksi yang dilakukan serta menciptakan proses penambangan lebih egaliter . Fokus pada privasi telah menarik perhatian orang-orang yang tertarik untuk menghindari penegakan hukum. Proses penambangan egaliter membuatnya layak untuk mendistribusikan perjuangan penambangan yang membuka jalan pendanaan gres bagi penerbit online yang sah dan hacker jahat yang secara rahasia menanamkan arahan penambangan ke dalam situs web dan aplikasi. 
Tidak menyerupai kebanyakan cryptocurrencies yang merupakan turunan dari Bitcoin, Monero didasarkan pada algoritma hash CryptoNight PoW, yang berasal dari protokol CryptoNote. Ini mempunyai perbedaan algoritmik yang signifikan yang berkaitan dengan obfuscation blockchain . Dengan memperlihatkan tingkat privasi yang tinggi, Monero fungible , artinya setiap unit mata uang sanggup diganti oleh unit lain. Hal ini menciptakan Monero berbeda dengan kripto penerangan publik menyerupai Bitcoin , di mana alamat dengan koin yang sebelumnya dikaitkan dengan acara yang tidak diinginkan sanggup dimasukkan ke daftar hitam dan koin mereka ditolak oleh pengguna lain.sehingga secara eksponensial lebih sulit untuk menciptakan korelasi antara setiap transaksi berikutnya. Selain itu, "alamat diam-diam" yang dihasilkan untuk setiap transaksi menciptakan mustahil menemukan alamat tujuan bahwasanya dari transaksi oleh orang lain selain pengirim dan penerima. Akhirnya, prosedur "transaksi rahasia rahasia" menyembunyikan jumlah yang ditransfer. Monero dirancang untuk tahan terhadap penumpukan sirkuit terpadu aplikasi khusus , yang biasanya dipakai untuk menambang cryptocurrencies lainnya menyerupai Bitcoin . Ini sanggup ditambang agak efisien pada perangkat keras kelas konsumen menyerupai x86, x86-64, ARM dan GPU.
Pada bulan September 2014, Monero diserang ketika sebuah pihak yang tidak dikenal mengeksploitasi kelemahan di CryptoNote yang memungkinkan pembuatan dua subkategori yang menolak untuk mengenali keabsahan transaksi satu sama lain. CryptoNote kemudian merilis sebuah patch untuk cacat, yang diterapkan Monero. Monero mengalami pertumbuhan yang cepat dalam kapitalisasi pasar dan volume transaksi selama tahun 2016, sebagian alasannya ialah diadopsi pada tahun 2016 oleh pasar darknet utama AlphaBay, yang ditutup pada bulan Juli 2017 oleh penegak hukum. 
Pada tanggal 10 Januari 2017, privasi transaksi Monero semakin diperkuat dengan penerapan algoritma Confidential Transformasi Intel Core's Core Gregory Maxwell, menyembunyikan jumlah yang ditransaksikan, dikombinasikan dengan versi Ring References yang lebih baik .Monsters's blockchain melindungi privasi dalam tiga cara. Tanda tangan cincin memungkinkan pengirim untuk bersembunyi di antara keluaran transaksi lainnya, alamat tersembunyi menyembunyikan alamat akseptor transaksi dan RingCT menyembunyikan jumlah transaksi. 
Sebagai konsekuensinya, Monero menampilkan blockchain buram. Ini kontras tajam dengan blockchain transparan dan gampang dilacak yang dipakai oleh Bitcoin Dengan demikian, Monero dikatakan "pribadi, transparan secara opsional".Monero mempunyai dua set kunci, yang disebut "tombol pandang" dan "kunci pengeluaran". Tombol View sanggup dibagi secara terpisah untuk memungkinkan transparansi opsional. Namun, sistem ini dirancang untuk memudahkan pemrosesan pada perangkat mobile, [karena mustahil menghitung keseimbangan dompet yang akurat tanpa kunci pengeluaran.
 ( Representasi grafis dari pelacakan tanda tangan cincin )

Pada bulan April 2017, penelitian menyoroti tiga bahaya utama terhadap privasi pengguna Monero. Yang pertama bergantung pada memanfaatkan ukuran tanda tangan cincin nol, dan kemampuan untuk melihat jumlah output. Yang kedua, digambarkan sebagai "Memanfaatkan Penggabungan Keluaran", melibatkan pelacakan transaksi di mana dua keluaran dimiliki oleh pengguna yang sama, menyerupai dikala pengguna mengirim dana ke dirinya sendiri ("mengaduk"). Akhirnya bahaya ketiga, "Temporal Analysis", memperlihatkan bahwa memprediksi output yang sempurna dalam tanda tangan cincin lebih gampang daripada asumsi sebelumnya. Tim pengembangan Monero memberikan perhatian pertama pada awal 2017 dengan diperkenalkannya Ring Confidential Transactions (ringCT) serta mewajibkan ukuran minimum tanda tangan cincin pada upgrade protokol pada bulan Maret 2016. Pengembang Monero juga mencatat bahwa Monero Research Labs, lengan akademis dan penelitian mereka, telah mencatat dan mengemukakan kekurangan di dua makalah penelitian publik pada tahun 2014 dan 2015.
Seorang pengguna membutuhkan perangkat lunak klien, dompet yang disebut, untuk berinteraksi dengan jaringan Monero. Proyek Monero menghasilkan implementasi acuan dompet Monero. Implementasi ini dipecah menjadi tiga bagian. Daemon perangkat lunak utama disebut monerod dan bertanggung jawab untuk membaca blockchain dan mengklaim transaksi pengguna. monero-wallet-cli bertanggung jawab mengelola akun pengguna, juga dikenal sebagai alamat dompet, dan menghasilkan transaksi baru. Akhirnya, Monero GUI memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komponen tersebut melalui antarmuka pengguna grafis. Semua perangkat lunak yang diproduksi oleh The Monero Project bersifat open source dan dilisensikan di bawah lisensi BSD yang permisif. 
Implementasi pihak ketiga lainnya dari klien Monero ada menyerupai Monerujo yang juga memungkinkan penggunaan Monero di Android . Akhirnya, dompet web memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan jaringan sepenuhnya melalui browser memakai situs web pihak ketiga.
Kelayakan penambangan CPU Monero telah membuatnya layak bagi pelaku kejahatan untuk secara rahasia mendistribusikan penambang yang disematkan di perangkat lunak perusak, memakai perangkat keras korban dan listrik untuk laba finansial pengembang perangkat lunak perusak.
Implementasi JavaScript dari penambang Monero Coinhive telah memungkinkan untuk menanamkan penambang ke situs web sedemikian rupa sehingga memakai CPU pengunjung situs web untuk memberi saya kriptoferensi sementara pengunjung mengkonsumsi konten halaman web. Meskipun hal ini sanggup dilakukan dengan persetujuan pengguna dalam upaya memperlihatkan model pendanaan alternatif untuk menayangkan iklan, beberapa situs web telah melaksanakan ini tanpa informed consent yang telah mendorong penambang dalam browser diblokir oleh ekstensi browser dan langganan pencekalan iklan daftar.
Monero kadang kala dipekerjakan oleh pengguna Bitcoin untuk memutuskan korelasi antara transaksi, dengan bitcoins pertama kali dikonversi ke Monero, kemudian sesudah beberapa penundaan, dikonversi kembali dan dikirim ke alamat yang tidak terkait dengan yang dipakai sebelumnya. Periset telah melaporkan bahwa operator di balik insiden ransomware global WannaCry telah mengubah hasil penjualannya menjadi Monero. Ini juga merupakan metode pembayaran pilihan pilihan untuk The Shadow Brokers, Pertukaran ShapeShift dan Changelly bekerja sama dengan polisi sesudah diketahui bahwa penyerang WannaCry menggunakannya untuk mengubah Bitcoin menjadi Monero. "Setiap transaksi yang dilakukan melalui ShapeShift tidak sanggup disembunyikan atau dikaburkan dan dengan demikian 100 persen transparan" kata ShapeShift.
(wiki.id)



Belum ada Komentar untuk "Monero"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel