Header Menu




banner



8 Fakta Menarik Tentang Bitcoin

1. Penciptanya masih misterius

Yang banyak orang ketahui hanyalah sebuah nama seseorang yang diperkirakan berasal dari JepangSatoshi Nakamoto. Namun, meski diketahui namanya, Satoshi tak pernah muncul ke permukaan.
Pada tahun 2014Newsweek memuat sebuah kisah yang mengaku telah menemukan Satoshi. Mereka menyatakan bahwa Satoshi adalah seorang insinyur pengangguran berusia 60 tahun, yang tinggal di pinggiran Los Angeles. Tapi banyak orang yang terlibat dengan Bitcoin mengatakan bahwa orang tersebut bukanlah Satoshi.
Teori lain yang diyakini banyak orang di komunitas Bitcoin, Satoshi yaitu orang Amerika keturunan Hungariayang tertutup, dengan nick Szabo. Tapi Szabo sendiri menyangkal hal itu, meski beliau juga merupakan tokoh penting dalam sejarah Bitcoin. Hingga kini, Satoshi belum pernah ditemukan identitas aslinya.

2. Menjamurnya 'pertambangan' Bitcoin

Untuk mampu mendapatkan Bitcoin yaitu dengan cara yang disebut 'menambang'. Biasanya menggunakan komputer dengan banyak kartu grafis canggih, biar pertambangan secara virtual dengan algoritma rumit, dapat berjalan dan menghasilkan secara cepat.
Kebanyakan penambang berasal dari negeri tirai bambu, Tiongkok. Tapi, di beberapa negara termasuk Indonesia, industri ini tengah dilirik oleh banyak pelaku usaha, alasannya keuntungannya yang melimpah.

3. Mudah untuk dicuri

Meski Bitcoin merupakan industri yang menjanjikan keuntungan berlimpah, namun beliau memiliki kelemahan yang cukup mengkhawatirkan, alasannya ia mudah dicuri.
Beberapa orang yang memiliki pengetahuan hacking yang baik, akan dengan mudah mencurinya pada penukaran mata uang Bitcoin. Tapi, pencurian ini juga mudah dilacak oleh pihak berwajib, alasannya sulitnya menghilangkan jejak.

4. Sarana penipuan

Selain mudah dicuri, fakta menarik yang negatif dari Bitcoin yaitu banyaknya penipuan dengan kedok investasi.
Penipuan investasi Bitcoin cukup sederhana dan seakan-akan dengan skema Ponzi. Investor diberitahu bahwa mereka dapat mendapatkan hasil panen penambangan yang tidak masuk akal, namun pada akhirnya, mereka hanya membuang uang tersebut untuk si penipu.

5. Harga tidak stabil

Meski awal tahun ini nilai Bitcoin sempat mencapai 11 juta rupiah, tapi mata uang virtual tersebut masih berfluktuasi dan cukup bergejolak. Oleh alasannya itu, dengan alasan ini, masih banyak orang atau pelaku usaha yang menolak pembayaran dengan Bitcoin.
Bitcoin mengikuti prinsip ekonomi penawaran dan permintaan, dan jalannya harga mereka dapat ditentukan dengan ini. Seperti pada 2014, harga mata uang virtual ini turun hingga 60 persen dan banyak yang menganggap ini sebagai tanda bahwa pada akhirnya Bitcoin akan mati.

6. Bayaran pemerasan para hacker

bayaran pemerasan para hacker
Pada bulan Februari 2016, rumah sakit Presbyterian Hollywood telah diretas dan sistemnya disandera untuk alat penukaran uang tebusan. Hacker tersebut meminta bayaran dengan mata uang Bitcoin, yang jikalau dirupiahkan bernilai hampir 200 juta rupiah.
Karena Bitcoin tidak harus terdaftar pada pemerintahan manapun, beliau telah menjadi mata uang yang populer untuk para 'pemeras digital'.

7. Dapat digunakan untuk pendanaan teroris

bitcoin untuk pendanaan teroris
2014, seseorang yang menggunakan nama Amreeki memposting sebuah dokumen di WordPress, di mana beliau menyatakan bahwa, sulit bagi sebagian besar pendukung ISIS untuk menunjukkan uang, alasannya peraturan ketat yang diberlakukan pemerintahan Irak. Cara yang paling memungkinkan yaitu menggunakan Bitcoin, yang tentu saja sulit dilacak, jikalau proses 'pencampuran' mata uang itu digunakan.
Bitcoin mampu menjadi game changer yang mungkin untuk pendanaan terorisme, alasannya anonimitasnya. Meskipun bisa dilacak, mata uang dapat dicuci dengan efektif melalui 'pencampuran' mata uang, yang tertuju pada kelompok terorisme tertentu, misalnya ISIS.

8. Bitcoin pertama kali digunakan untuk membeli pizza

transaksi pertama bitcoin untuk pizza
Pada tanggal 18 Mei 2010Laszio Hanyecz membuat sebuah forum untuk Bitcoin, yang bernama Bitcoin Talk. Pada dikala itu, Bitcoin masih dalam masa pertumbuhan dan nilainya hanya beberapa sen.
Untuk pertama kalinya juga di dunia, Bitcoin dibelanjakan. Oleh Laszio, beliau membeli dua Pizza Papa John, di mana beliau membayar dengan menggunakan Bitcoin.
Itulah 8 Fakta Menarik Tentang Bitcoin. Makara mana menurutmu yang paling menarik? Tuliskan di kolom komentar di bawah ini ya!

Belum ada Komentar untuk "8 Fakta Menarik Tentang Bitcoin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel